Iseng ngumpulin situs kamera manual

bagi penggemar kamera manual pemula (seperti saya ) mencari tutorial kamera manual emang lumayan langka. situs2 dalam negeri g seberapa banyak. situs luar negeri pake bahasa planet smua .
tp ni ada yg lumayan buat panduan, pagi2 daripada menganggur, kumpulin aja deh. dengan ulasan sekenanya gaya gue. moga aj berguna, dan kalau sempat akan selalu di update. salam analog.
kalau ada yang kurang pas mohon koreksinya .

1. Butkus
ini situpe pertama langganan saya klo lagi cari panduan manual book kamera. hampir ada sekitar 3500an manual book (katanya si yang punya situs) tersedia disini gratis. siap undul dalam format pdf files. hampir semua type kamera yang beredar di Indonesia mungkin ada. selamat menikmati.

2. Camerapedia
hampir sama dengan situs di atas, disini tp lebih kepada spesifikasi kamera aja. serta review para pemakai ttg kelebihan dan kekurangan kamera tersebut. lumayan informatif.

3. Rangefinder
ini bare kemaren2 aja bukanya. saking penasaran pake kamera superSilent dan asik bgt ternyata. dah kemakan racun manual lagi nih..

4. Pentax
semua ttg kamera, lensa dan aksesoris kamera dengan mount pentax K..
kalo di pasaran indonesia, lumayan trjangkau untuk lensa2 lama pentax. dan hasilnya juga g kalah bagusnya jika bersanding dengan brand2 besar lainnya.

5. LensMount
situs yang membahas ttg macam2 mount lensa manual disertai gambarnya. layak untuk di baca.

6. lensa manual (dot) net
kalo ini forum lensa manual dalam negeri. yg semakin lama semakin bny membernya. selain menyajikan berbagai macam pengentahuan ttg lensa, juga ada forum jual beli ttg lensa & kamera manual. dan berbagai info lainnya

7. limadaki
kalo ini, aslinya situs berbahasa jepang. tetapi yang punya asli orang indonesia (keren bgt
dan menyajikan berbagai pengetahuan terutama tentang lensa manual, dan fotografi murah ala lensa2 lama. :)


ini dulu aja. update-nya ntra lagi.
semoga berkenan.

0 tanggapan:

Post a Comment