Menyimpan Custom Shortcut di Photoshop

untuk bekerja lebih cepat kadang kita sering direpotkan oleh banyaknya pilihan menu, kalo secaramanual tentunya akan memakan waktu berlebih. dan tentu saja akan menambah waktu kita dalam mengedit foto.
di software photoshop, kita bisa menyetel (custom) sendiri shortcut yang sering kita gunakan dan merubah shortcut bawaan photoshop sesuai dengan keinginan kita. tentunya dengan harapan agar kita dapat mempercepat kerja kita dalam mengolah foto.

berikut langkah-langkahnya :
pada menu pilih edit > keyboard shortcuts (alt+shift+ctrl+k). lalu akan muncul tampilan seperti ini,


di situ ada menu yang didalamnya terdapat berbagai menu lain, kita bisa mengubah shortcut sendiri, dengan mengetikkan perintah di sebelah kanan

yang saya tanda adalah tempat kita bisa merubah shortcut yang kita inginkin.

pilih menu apa saja yang sering kita pakai. yang bisa kita rubah dan kita sesuaikan dengan kebutuhan.

jika ada tanda/peringatan seperti ini (!) maka shortcut tersebut sudah ada dalam shortcut default photoshop. klo kita tekan accept berarti yang lama akan hilang dan terganti dengan shortcut baru yang kita buat.
jika kita tidak ingin mengganti yang lama, kita bisa memilih kombinasi huruf yang lainnya.

jika ada tanda seperti ini (x) , berarti kita tidak bisa memasukkan shortcut tersebut. biasanya PS selalu menggunakan kombinasi Ctrl, Alt, Shift, dan timbol F1-F9. kita tidak bisa memasukkan karakter angka.
titik (.), koma (,) dan tanda baca lainnya bisa kita gunakan asalkan kita menyertakan Ctrl didalammnya.

selain menu aplikasi, kita jg bisa merubah shortcut pada palet dan juga tool yang ada di PS. tinggal tombol di bagian atas. cara selanjutnya sama dengan yang atas.
setelah selesai semuanya, kita bisa menyimpan shortcut yang telah kita buat sendiri terssebut. 

caranya. 

klik pada simbol save (yang tengah)


lalu akan muncul kotak dialog penyimpanan, beri nama file tersebut. kita bisa menggunakannya lagi jika PS di instal ulang, tanpa kita harus merubah satu-persatu shortcut yang kita pakai sebelumnya.
jangan lupa simpa dahulu file keyboard shortcut yang telah kita buat di tempat lain. bisa di ambil di C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS3\Presets\Keyboard Shortcuts
semoga bermanfaat. :)

0 tanggapan:

Post a Comment