1. Tips Mengelola Bisnis Untuk pemula
2. Bisnismu diawal usaha membutuhkan 200% dari waktumu, inilah tonggak awal kamu harus "berdarah2" bayar dimuka, jangan manja!
3. Ketika bisnis baru dibuka, yg dibutuhkan adalah SISTEM KERJA! harus dibuat! Direncanakan! Gak bisa asal jalan! Nah BOLA DITANGANMU nih..
4. Membuat bisnis TANPA perencanaan, seperti merencanakan KEGAGALAN! Otak kanan wajib... Kalo udah otak kirinya dipakai juga..
5. Okelah! Ktk mulai kita boleh bkn GEBRAKAN! Yg penting mulai mulai mas.. Yess! Tp ketika sdh masuk ke oprasional harian gak bisa asal2an
6. Kita mulai dr Keuangan, sdh dibahas kmrn.. DILARANG KERAS mencampur adukkan duit bisnis dan pribadi! Haram....!
7. Bikin rekening khusus utk bisnis,kamu bikin akses melalui Internet banking dan Mbanking! Biar kamu bisa kerja dimana saja, EFEKTIF WAKTU
8. Jangan parno dan mmbatasi diri,Harus melek teknologi! Skr bisnis lebih praktis! Kamu bs transfer duit 10jt cm lwt HP smbl nongkrong di WC
9. Tunjuk 1org manager/admin yg bantu kamu ngurus keuangan,dia yg ngecekki nota dan duit cash!Gak usah kamu yg lakuin,energimu buat jualan!
10. Jangan main2 dgn PRODUK! Krn ini daganganmu! Jangan pernah jual brg jelek yg diembel2i cap bagus! Konsumen kecewa,bs gak balik lagi..
11. Produk yg diperhatikan adalah ISI PRODUK dan KEMASANNYA! Harus imbang nih, kalo kemasan jelek org jd gak percaya...
12. Kemasan yg bagus sdh menarik perhatian, tp kalo isinya jelek langsung itu kemasin gak ada artinya! Dianggep Sampah thok.
13. Cara ngetest kualitas produkmu, 10 temen suruh makan (misal makanan), mereka disumpah WAJIB NGOMONG JUJUR enak ato enggak!
14. Gak boleh melanggar sumpah hehehe! Kalo mereka bilaaaang enak, tawarin: kalo jd konsumen mau enggak mereka beli dgn harga Rp. XX...
15. Mau bisnis Jasa atau retail sama saja, Kepercayaan nomer 1. Produk mu adalah dirimu, kalo jelek namamu ikut jelek.. Waaah sayang yoo
16. Walopun tdk saya hadepi lgsg, jika ada yg komplain thdp produk dan pelayanan saya, rasanya tetep.. "Sakiit".. Bener itu!
17. Komplain itu seperti JAMU! Pahit tapi menyehatkan.. Gak ada perusahaan di dunia ini YANG BEBAS KOMPLAIN... Percayalah..18. Kalo kamu gak mau dikomplain PRODUKMU, berarti kamu seperti menjejalkan tisue ke mulut konsumenmu! "Dah beli.. Gak usah crewet!" *kejam
19. Kalo memang Komplainnya itu REALISTIS dan beralasan kuat, maka kita harus BERTERIMAKASIH pd dia.. Dapet JAMU GRATIS nih!
20. Bahkan utk konsumen itu kita kasih BONUS KHUSUS!! Gratis produk atau layanan tambahan.. Free! Istimewa utk dia..
21. Naah.. Kalo ada yg komplain gak jelas? Dasarnya gak kuat? Cuma mau "pengen ribut aja dia"... Hehe! Tetep HADAPI! jgn kabur
22. Tapi ttp waspada ya, ada juga kompetitor kita yg "jahat" dia nyamar jd konsumen, komplain habis2an dan mencari kesalahan kita..
23. Cara ngadepi org kayak gitu mas?..Gampaaang, ambil duit 500rb kasih panti asuhan, nanti si "Syaiton" mental sendiri.. Hehe
24. Tapi tetep hadapi dgn besar hati, di level bisnis UKM persaingan masih pada tahap "emosional" person by person!25. Di perusahaan besar, cara sindir dan kritik Head To Head corporate melalui iklan! Lihat aja Perang Coca cola dan Pepsi, Tsel-X.. Seru!l
sekian dulu... sambil praktekin, klo ada yang bisa di praktekin.. :D
jadi inget bosQ...
ReplyDeletewejangannya mirip
wehhh... masi untung sering di wejang.. daripada di "semprot" mllu
ReplyDeletehiks... nyatanya ga cuma megang cash sama nota doank :((
ReplyDelete-____-'
ReplyDeleteyah...sparo2 kalu musim nyemprot ya kena juga...
ntar gantian deh nyemprot balik :)))
sebaiknya no.hp jangan sampai ketauan konsumen...
ReplyDeletejadi komplainnya ke kantor siang2, bukan telp malem2
wakakkakaaw... mas gajinya musiman juga?
ReplyDeletemusim tgl 1 lah, paling mundur 3 hari.
ReplyDeleterepotnya ga bisa protes...huhuhu...
apalagi kalu bos cabang lagi labil, alamat deh...cucian bersih
wkaakwkwakwakwakwaka....
ReplyDeleteselamat menikmati..
akhirnya ga bisa eksis di fb TT__TT
ReplyDeleteiya.. udah tercoreng..
ReplyDeletemanfaatnya gede bgt nih, smua transaksi terekam, pembukuan juga ga melenceng..
ReplyDeletemasalahnya jadi susah pake alesan "lagi di bank" :)))
klebihan teknologi, mempercepat/mempermudah pekerjaan... :D
ReplyDeletekekurangannya... bnyy jg